Tips Menyimpan Bunga Supaya Tetap Segar

toko bunga Jakarta barat tanjung duren

Bunga menjadi salah satu hal yang bisa membuat seorang perempuan tersenyum kembali setelah cokelat. Misalnya seorang perempuan sedang marahan dengan pasangannya. Lalu si pasangan memberikan buket bunga yang disukai, pasti si perempuan akan menjadi luluh. Satu tangkai atau banyak tangkai bunga sering digunakan untuk mengungkapkan rasa yang tidak diucapkan lewat kalimat. Banyak hal yang bisa diekspresikan dengan menggunakan bunga. Mulai dari rasa senang, cinta, sampai berduka.

Baca Juga : konveksi kaos sidoarjo

Buket bunga yang diberikan oleh seseorang tentunya tidak ternilai harganya. Umumnya buket bunga hanya bertahan antara 2 – 3 hari. Nah untuk Anda yang ingin tetap membuat buket bunga ini awet. Berikut ini terdapat beberapa cara penyimpanan buket bunga yang benar.

  1. Menempatkan pada Wadah Bersih

Anda bisa menyiapkan wadah atau vas bunga yang bersih untuk meletakkan tangkai-tangkai bunga buket ini. Jika wadah kotor atau terdapat mikroorganisme akan memicu pembusukan bunga. Oleh karena itulah, pastikan untuk memilih wadah atau vas dengan leher lebar supaya batang tidak terlalu erat.

  1. Gunakan Air Hangat

Untuk air yang dipakai di dalam wadah usahakan menggunakan air hangat. Usahakan air yang ditempatkan dalam wadah tidak terlalu merendam batang. Cara ini sering disebut dengan pengerasan, yang mana bisa membantu memperpanjang umur bunga yang baru dipotong. Molekul air hangat meresap lebih cepat saat bunga kehilangan kelembaban.

  1. Simpan dalam Suhu Normal

Ada yang berpikiran menyimpan buket bunga di dalam kulkas? Sebab di kulkas dingin sehingga bisa membuat tetap awet segar. Sebenarnya menyimpan buket bunga di dalam kulkas tidak baik, terlebih jika dalam jangka waktu lama. Untuk cara ini pun sebenarnya kurang baik, sebab suhu di dalam kulkas dan luar seperti meja kamar akan berbeda. Oleh karena itulah buket bunga menjadi cepat layu karena tempat suhunya tidak sama. Hindari juga meletakkan buket bunga di ruangan ber-AC, karena AC bisa mengeringkan udara dan membuat umur bunga jadi pendek.

  1. Gunting Daun pada Tangkai Bunga

Mungkin beberapa buket bunga tidak hanya tangkai saja yang terendam, namun juga bunga. Saat bunga juga ikut terendam dalam wadah, maka akan membuat bunga cepat busuk. Jadi salah satu caranya adalah memangkas daun-daun untuk mengurangi resiko pembusukan. Gunakan gunting untuk memotong daun ini. Menggunakan gunting pun akan membuat tangkai menjadi terlihat rapi dan bekasnya tidak menimbulkan noda cokelat.

  1. Memotong Tangkai Secara Miring

Untuk beberapa orang yang kurang paham pastinya akan asal potong batang bunga. Sebenarnya terdapat cara untuk membuat bunga tetap segar, yakni dengan memotong tangkai secara miring. Ini dimaksudkan agar batang bisa menyerap air secara lebih leluasa. Jika ingin memotong tangkai miring jangan menggunakan gunting, sebab hasilnya pasti akan kurang. Anda bisa menggunakan pisau yang tajam untuk memotong miring pada tangkai bunga.

  1. Menjauhkan dari Sinar Matahari

Tanaman yang terkena sinar matahari memang bagus. Namun untuk buket bunga yang sudah dipotong dari akarnya tentu tidak bagus. Jika buket bunga yang sudah diletakkan dalam wadah atau vas ini diletakkan dekat sinar matahari, maka akan membuat layu. Bahkan bisa membuat bunga menjadi cepat kering. Oleh sebab itulah disarankan untuk meletakkan buket bunga jauh dari sinar matahari langsung. Jika ingin menyemprot air, disarankan untuk tidak menyemprot langsung. Sebab akan membuat buket bunga menjadi layu jika dari jarak dekat.

  1. Rutin Memotong Tangkai Bunga

Semakin lama bunga diletakkan ke dalam wadah atau vas berisi air, maka bunga tersebut akan menyerap banyak air. Ada cara untuk mengatasi hal tersebut, yakni dengan memotong sekitar 0.5 – 1cm tangkai bawah setiap hari agar tidak terlalu banyak menyerap air. Saat ingin mengisi air pun juga harus diukur terlebih dahulu. Untuk air dalam vas atau wadah ini cukup 2cm yang diukur dari tangkai paling bawah. Juga jangan lupa untuk mengganti air ini setidaknya 1 – 2 hari sekali untuk menjaga kesegaran.

  1. Menjauhkan dari Buah-Buahan

Sebaiknya jauhkan bunga dengan buah-buahan. Hal ini dikarenakan buah-buahan bisa mengeluarkan gas etilen yang bisa mempercepat pembusukan pada bunga. Oleh karena itulah sebaiknya jauhkan bunga dari buah-buahan.

Buket Bunga Pernikahan yang Populer

Untuk Anda yang ingin mengadakan pesta pernikahan, pastinya membutuhkan buket bunga bukan? Buket bunga pengantin sendiri ada banyak gaya, dan bisa dipilih sesuai bentuk serta jenis bunga. Berikut ini terdapat beberapa jenis buket bunga populer yang bisa dipilih.

Round Buket

Merupakan bentuk buket paling populer untuk acara pernikahan. Bentuknya sederhana tetapi elegan dan tradisional. Buket ini bisa dibuat sebagai cluster ketat supaya padat atau lebih longgar untuk kesan lebih kasual. Untuk jenis buket bunga ini cocok untuk semua gaya pernikahan dan pakaian. Selain itu buket bunga ini pun bisa menyesuaikan budget yang dimiliki oleh pengantin. Juga bisa dibuat dengan menggunakan berbagai macam bunga sesuai permintaan pengantin tentunya.

Pegeant Bouquet

Untuk karangan bunga yang satu ini sering disebut sebagai bunga lengan. Hal ini dikarenakan buket bunga ini mempunyai batang panjang dan daunnya dibawa oleh pengantin pada lengan. Anda bisa memesan buket ini dengan simpel atau rumit sesuai keinginan. Pegeant Bouquet ini bisa menjadi pilihan menakjubkan untuk pernikanan lebih modern. Biasanya bunga yang digunakan adalah calla lili, gladiol, anggrek, mawar tangkai panjang, delphinium dan larkspur.

Cascade Bouquet

Awalnya buket bunga ini disebut sebagai shower bouquet. Yang mana merupakan buket paling formal dan tradisional. Untuk buket ini dirancang seperti akan tumpah dari tangan pengantin dengan anggun. Dimana rangkaian bunga ini terjun ke bawah untuk mendapatkan tampilan lebih bergaya. Umumnya cascade bouquet ini bentuknya bundar di bagian atas dan menyempit menjadi satu titik pada bagian bawah. Berbagai macam bunga bisa digunakan untuk membuat cascade bouquet ini.

Nosegay Bouquet

Berbeda dengan buket bunga lainnya yang menggunakan berbagai macam bunga warna warni. Untuk buket nosegay ini lebih banyak menggunakan tanaman hijau. Buket bunga ini sendiri menjadi pilihan trendi untuk pengantin. Bahkan pengiring pengantin pun banyak yang membawa buket bunga ini namun dalam ukuran lebih kecil.

Posy Bouquet

Jenis buket bunga yang satu ini berbentuk kecil dan bulat, sehingga bisa dipegang dengan lebih mudah dalam satu genggaman. Untuk buket bunga ini menggabungkan berbagai macam bunga dan bentuk kaya warna. Misalnya bunga mawar, gerberas, peony, tulip, dan rununculus. Buket bunga ini bisa dibuat longgar dengan menggunakan pita. Selain itu juga bisa mengganti batang dengan kawat untuk mendapatkan tampilan lebih terstruktur.

Pomander Bouquet

Biasa disebut dengan kissing ball. Bunga yang dipakai untuk membuat buket bunga ini biasanya mempunyai ukuran dan sentuhan sama atau overlap. Menggunakan buket bunga ini akan menciptakan kesan menarik dan tidak biasa.

Chat dengan kami melalui WhatsApp